Minggu, 09 Januari 2011

English is Fun

"Belajar bahasa inggris kok susah,, lebih susah dari matematika", "Kenapa musti belajar bahasa inggris si, belajar bahasa sendiri aja masih kaku", itulah kalimat yang saya ingat dari keluhan teman saya waktu masih sekolah SMA dulu. Temen kuliah saya lucu lagi, saat itu kami sedang kuliah bahasa inggris teknik: "kuliah opoo iki, ora dong dosene ngomong dewe, dab minggu ngarep presentasi to? garapen aku ra iso". Jika di translate ke indo: "kuliah apa ini, ga' jelas dosennya bicara sendiri, minggu depan ada presentasi kan? kerjain ya soalnya aku ga' bisa". Haha,, seperti itulah kalimat yang berhasil saya kutip dari temen-temen saya tentang bahasa inggris. So,What about you guys?.. :) apakah susah juga menurut kalian?, Ehmehm kalau menurut saya si, bahasa inggris itu fun alias menyenangkan, saya juga ga bisa-bisa amat kok, masih perlu belajar terus, ya harapan saya lancar dalam speaking. Dan bagi saya bisa berbahasa inggris itu seperti keharusan, karena persaingan dunia kerja di era globalisasi kini tidak hanya membutuhkan skill saja, tapi dalam komunikasi berbahasa inggris juga diperlukan oleh perusahaan. Tuh, karena alasan seperti itulah saya pribadi sangat tertarik untuk bisa berbahasa inggris. Dari jamannya SMP dulu saya paling phobia sama pelajaran bahasa inggris, udah susah materinya,gurunya galak pula. Beda sama pelajaran matematika, jujur saja nih nilai bahasa inggris saya jelek di bandingkan nilai matematika, waktu SMP. Tapi karena saya pengen bisa, saya belajar sendiri pakai kamus lengkap dan waktu itu saya di kursusin sama ortu di bimbingan bahasa inggris di purwokerto (tempat tinggal saya).

Belajar terus dan beberapa tahun kemudian sampai saya kuliah hasilnya yahh,, Alhamdulillah lumayan lah udah agak bisa, tenses sudah dipelajari sekarang yang perlu saya tingkatkan memperkaya vocabulary lagi dan speaking, Insya Alloh grammar dan structure nya udah mulai bisa :D. Ya begitu lah teman, karena sudah ada niat untuk bisa dan tentunya usaha, maka ga' ada yang ga' mungkin to. Belajar bahasa inggris itu harus kita nikmati, pertama jangan di bikin susah, dan yang paling penting menambah kosakata atau vocabulary dari hari kehari. Sebenernya kita bisa belajar bahasa inggris di sekitar kita, seperti saat kita ada dirumah, kita bisa belajar bahasa inggrisnya dapur dan beberapa benda yang ada di dalamnya (ada kompor gas,wastafel,meja makan,dll). Atau saat kita ada di sekolah, di kota, di mall, dimana-mana deh di sekitar kita, hehehe. Kan lumayan hari demi hari vocab bertambah, artinya kita memiliki tabungan kata-kata bahasa inggris. Atau kalau kalian Gamers seperti saya, biasanya kalau game Playstation, Xbox, atau PC, bahasa yang di gunakan dalam karakter game adalah bahasa inggris, nah itu juga bisa menambah kosakata bahasa inggris, apalagi sambil main, wah biasanya secara ga' langsung akan lebih lama tersimpan di memori kita. Dan yang terakhir cobalah anda latihan bercakap-cakap menggunakan bahasa inggris di rumah contohnya ngobrol bahasa ingggris dengan kakak, adik, ibu atau bapak, ya setidaknya salah satu anggota keluarga ada yang bisa bahasa inggris sedikit. Atau bercakap bahasa inggris dengan teman, pacar, teman kos, atau kelompok belajar.  Jangan lupa juga mempelajari tenses dan grammar nya sedikit demi sedikit. Demikian tips belajar bahasa inggris dari saya, sederhana bukan? mulai belajar bahasa inggris dari mengenal benda di sekitar kita, di saat kita main game, belajar berkomunikasi dengan bahasa inggris, dan mempelajari tenses plus grammar sedikit demi sedikit. Kalau sudah ada kemauan kita pasti bisa syaratnya dibikin enjoy aja, English is Fun. Kan ada pepatah jawa alon-alon asal kelakon hehehe :D.

Silahkan teman-teman bisa kasih komentar tentang artikel ini, saya juga masih belajar, Buktinya saja saya tiap hari senin s/d jumat jam 7 malam berangkat ke salah satu bimbingan di yogya, jadi mari belajar bahasa inggris bersama. :)

artikel ini didukung oleh belajar hipnotis

0 komentar:

Posting Komentar

Avenged sevenfold banner Pictures, Images and Photos