Kamis, 14 Oktober 2010

Keping DVD error?

Menjengkelkan rasanya kalo data penting yang akan kita ambil dari satu buah keping dvd, ga bisa kebaca sama dvd roomnya, alias error. Alhasil sesuatu yang bakal kita kerjakan dan harus diselesaikan menjadi terbengkalai. Apalagi kita pinjam di rentalan dvd,rugi rasanya kalo sudah bayar untuk sewa ternyata error juga. Hal ini memang sering terjadi pada teman saya dan saya sendiri tentunya. Biasanya orang yang sudah terlanjur emosi akan errornya keping dvd itu, pasti menyalahkan kinerja dvd room nya. Tapi tunggu dulu, jangan terlalu cepat  memvonis sesuatu yang belum terbukti akan masalah yang ditimbulkan (dalam kasus ini adalah keping dvd yang susah kebaca). Oke, menurut pengalaman yang telah saya lakukan untuk mengatasi kasus macam ini yang di butuhkan adalah kesabaran, ketenangan dan alkohol. Maksud saya tentu bukan alkohol yang dikonsumsi untuk menenangkan (tau lah maksudnya..). Alkohol itu adalah alkohol 70% yang mudah didapatkan di toko kelontong terdekat kamu. Dan jangan lupa sediakan satu buah cottonbud. Langkah-langkahnya akan saya mulai dari awal sebagai berikut:
  1. Buka Alkohol 70% yang baru kamu beli, dan ambil satu buah cottonbud.
  2. Lalu celupkan ujung cottonbud ke botol Alkohol 70%, usahakan ujung cottonbud yaitu kapasnya basah karena tercelup ke alkohol.
  3. Kemudian usapkan ujung cottonbud tersebut ke permukaan keping dvd (diusap bagian bawah keping dvd nya looh). Yang peru diingat adalah pola mengusapkannya harus benar, yaitu searah. usapkan dengan halus dan jalurnya searah jangan bolak-balik. Lakukan 1 keping dvd penuh. lalu tunggu hingga lapisan yang terusap kering kira-kira 3 menit.
  4. Setelah itu kita lakukan tes pertama, yaitu memasukkan keping dvd ke dvd room. Jika tes pertama masih belum bisa kebaca, lakukan adegan no.1 hingga 3, akan tetapi cottonbud diganti yang baru dan mengusapkannya lebih halus dari sebelumnya. Tunggu benar-benar kering, kalo perlu tunggu 10 menit.
  5. Catatan: Jika sudah kebaca oleh dvd roomnya,maka selamat tes pertama berhasil dan kita dapat melanjutkan yang kita butuhkan dari keping dvd tersebut. Namun kalo masih saja error....... mungkin faktor x , seperti optik dvd room kamu memang sudah lemah, atau keping dvd nya yang benar-benar rusak(macam tergores/patah).
So, secara teori alkohol sifatnya itu adalah cepat menguap,panas/mudah terbakar,dan antiseptik. Sampai sekarang mungkin agak sulit untuk menghubungkan sifat alkohol itu dapat memperbaiki keping dvd yang susah kebaca. Tapi saya sudah membuktikannya sendiri, kebanyakan adalah keping dvd yang susah kebaca yaitu keping dvd untuk menginstall program dan game. Sekarang giliran anda mencobanya sendiri, semoga berhasil........... 

0 komentar:

Posting Komentar

Avenged sevenfold banner Pictures, Images and Photos